Pembukaan acara Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022-2023 oleh Kelompok 34 Universitas Trunojoyo Madura. Kelompok 34 yang beranggotakan 14 orang telah melaksanakan acara pembukaan KKN serta peresmian program kerja yang akan dilaksanakan dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 19 Januari 2023. Pembukaan ini dihadiri oleh beberapa orang penting di desa serta dosen pembimbing lapangan Dr. Zainal Abidin S.Psi., M.Si. Acara tersebut dihadiri diantaranya perwakilan dari Kecamatan, Kepala Desa, Koramil, Polsek, dan perangkat desa yang lain. 

    Pembukaan acara tersebut diawali dengan penyampaian program kerja oleh ketua kelompok yaitu Farhan Reynaldi Valerian. Program kerja yang diusulkan mewakili dari optimalisasi budidaya peternakan yang telah berjalan di desa tersebut yaitu cacing maggot serta hewan-hewan ternak yang lain. Selain itu optimalisasi belajar mengajar di tingkat pendidikan guna untuk meningkatkan minat belajar siswa dan juga parenting oleh orang tua dan juga pentingnya pendidikan. Mengingat di desa tersebut masih mempunyai mindset bahwa pendidikan umum hanya untuk orang yang berada. 

    Farhan menyampaikan "Program kerja yang telah kami susun ini, saya harapkan mampu memberikan dampak positif bukan hanya untuk sementara namun untuk jangka waktu yang panjang. Dengan bantuan bapak kepala desa dan juga masyarakat diharapkan mampu memberikan kemudahan kami dalam bertugas" tuturnya. Kemudian disambut hangat oleh bapak kepala desa yang menanggapi pidato yang telah disampaikannya "Setiap kejadian selalu mempunyai ceritanya masing-masing. Dengan adanya rekan-rekan KKN di desa kami, kami harapkan dapat membantu kami dalam mengatasi permasalahan yang ada" ujarnya. Pidato yang telah disampaikan oleh kordes dan kepala desa tersebut mencuri perhatian para undangan yang hadir dikarenakan pembahasan mereka.

    Setelah beberapa sambutan itu, diakhiri oleh bapak Zainal selaku dosen pembimbing lapangan yang antusias dengan program kerja yang diusulkan. Namun beliau pun turut berpesan "Jangan jadikan permasalahan menjadi sebuah beban. Jadikan itu pengalaman serta pelajaran. Perbanyak wawasan untuk membentuk karakter sebelum menjadi masyarakat. Gali ilmu sebanyak-banyaknya agar KKN ini bukan hanya perihal nilai namun juga pembelajaran masa depan. Saya menitipkan anak-anak untuk dibimbing ya pak" ucapnya.

    Penyambutan pembukaan acara dibuka dengan penyerahan idcard dari kepala desa untuk koordinator desa, hal ini menjadi simbol penyerahan tanggung jawab tugas untuk melakukan pengabdian di desa Tanah Merah Dajah. Selain itu pemotongan pita yang dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan dan kepala desa sebagai simbol peresmian kegiatan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022 - 2023 resmi dibuka. Acara dilaksanakan dengan khidmat.

    Harapan warga desa dengan adanya mahasiswa KKN ini pun ikut membuka mindset masyarakat bahwa pendidikan bukan hanya berhenti di bangku. Namun hidup berdampingan dengan masyarakat juga membutuhkan wawasan yang luas. Sehingga setiap permasalahan yang ada akan teratasi dengan solutif.