Ampas tahu merupakan sisa dari pembuatan yang sudah tidak digunakan. Ampas tahu adalah sisa atau limbah dari pengolahan tahu. Umumnya ampas tahu digunakan sebagai pakan ternak. Dalam kegiatan kali ini ampas tahu yang didapatkan dari pabrik tahu sekitar desa tanah merah dajah. Ampas tahu dari beberapa pabrik tahu ini sering tidak terpakai. Karena minimnya pengetahuan tentang ampas tahu yang bisa dimanfaatkan berbagai hal, misalnya untuk pakan maggot.

    Maggot merupakan larva lalat black soldier fly (BSF) memang sangat istimewa diandingkan bahan baku pkn alternative lainnya karena mengandng nutrien yang lengkap untuk ikan dan kualitas yang baik. Maggot bisa dipoduksi dalam waktu singkt dan berkesinambngan dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan. Keunggulan lainnya, yaitu masyarakat dengan mudah mengadopsi teknologi produksi maggot. Kemudian dalam prosesnya maggot juga bisa diproduksi menjadi tepung ( mag meal), sehingga bisa menekan biaya pakan ternak.

    Untuk proses pemberian pakan maggot diawali dengan pengambilan limbah ampas tahu yang ada dipabrik sekitar Tanah Merah Dajah. Kemudian, ampas tahu yang telah didapatkan dari pabrik tahu tersebut dicampurkan dengan campuran cairan tertentu. Cairan tersebut berasal dari susu basi, cairan dari fermentasi buah basi dan cairan dari fermentasi nasi yang telah basi. Bisa juga dicampurkan dengan pakan unggas yaitu dedak. Ampas tahu juga bisa sebagai media alas untuk maggot itu sendiri. Ampas tahu sangat bagus untuk perkembagan baby maggot karena memiliki kadar protein nabati yang tinggi untuk proses perkembangan maggot.