TK Cahaya Desta merupakan salah satu lembaga pendidikan PAUD yang sedang berkembang di Desa Tanah Merah Dajah, yang saat ini sedang berkolaborasi dengan mahasiswa KKN-T Universitas Trunojoyo Madura, yang sudah dilakukan dari tanggal 9-13 Januari 2023. Jumat (13/01/2023)

    Salah satu pendidik di TK Cahaya Desta, Bunda Fitria menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran di TK Cahaya Desta terlaksana seperti TK pada umumnya. Hanya saja dikarenakan TK Cahaya Desta baru didirikan pada tahun 2019 dan sempat vakum dikarenakan dampak covid-19, sehingga mulai dari sarana prasarana hingga media pembelajaran yang digunakan kurang memadai.

    “Karena TK ini baru dibangun tahun 2019 jadi memang media pembelajaran yang kami gunakan masih menggunakan media yang lama jadi kami gunakan berulang-ulang” ucap Bunda Fitria pada saat wawancara awal observasi di TK Cahaya Desta.

Maka dari itu, mahasiswa KKN-T Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif melakukan kontribusi mengajar dengan mengimplementasikan media pembelajaran yang dibuat dari barang – barang bekas yang nantinya dapat mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini.

Kegiatan kontribusi mengajar ini diharapkan dapat membantu para pendidik TK Cahaya Desta dalam menstimulus aspek perkembangan anak dengan menggunakan media dari barang bekas, yang dapat dibuat sekreatif mungkin dengan tujuan supaya dapat mengembangkan inovasi – inovasi baru, sehingga kedepannya para pendidik dapat menciptakan berbagai macam media pembelajaran sendiri.

“Boleh mbak, karena memang disini medianya juga masih kurang dan lebih sering menggunakan LKA jadi kalau misalnya dari teman-teman mahasiswa mau mengembangkan media disini sangat diperbolehkan” jelasnya.

Antusiasme anak-anak dalam belajar sangat tinggi dikarenakan media yang dibuat dapat menarik minat anak. Sementara itu, para pendidik mengapresiasi adanya kontribusi mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Universitas Trunojoyo Madura. Karena hal ini memberikan warna baru dengan media – media yang dibuat oleh beberapa mahasiswa yang ikut serta dalam kontribusi mengajar ini.